Apa yang Engkau Cari?

Status 1

Aku belajar menyelami dunia tanpa rasa. Hingga aku menghargai rasa bahkan yang tak enak atau tidak nyaman. Lalu aku berlatih menjaga rasa yang aku inginkan. Kemudian, aku kembali ke dunia nyata menyelaraskan rasa pilihanku dengan tindakan.

Status 2

Diperlakukannya emosi seperti sungai. Airnya dia jaga tetap jernih. Penghambat dan penyumbat aliran dia singkirkan. Setiap saat dia bisa merasakan kesegaran.

Status 3

Di status ketiga, ia datang padaku dan berkata, "Aku ikuti dua statusmu sebelum ini. Aku sudah jauh lebih tenang dan hidupku makin nyaman. Tapi, mengapa ibadahku menjadi berkurang dan aku makin sedikit mengingat Tuhan?" Aku berkata padanya, "Sadarilah, bahwa ibadah dan ingatmu selama ini adalah demi mencari nyaman. Engkau masih berburu surga. Ketahuilah, engkau telah tergoda alam malaikat, padahal engkau adalah manusia. Kembalilah, teruskan perjalananmu dengan tiga status ini. Jaga dan tingkatkan ibadah serta ingatmu. Misimu sekarang adalah mencari ridho."