Setiap Persoalan Adalah Tentang Hubungan

SETIAP PERSOALAN ADALAH TENTANG HUBUNGAN



Setiap persoalan adalah tentang kualitas hubungan atau relationship. Termasuk, setiap persoalan kesehatan baik mental maupun fisik, selalu ada di dalam aura memburuknya kualitas hubungan antara bagian yang menjadi sakit dengan si pemilik bagian yang sakit itu.

Kita mungkin tidak menyangka, bahwa soal kualitas hubungan ini juga mencakup kualitas hubungan kita dengan uang. Kita tidak pernah tahu, bahwa mungkin kualitas hubungan kita dengan uang  sedang tidak sehat. Dan memang ada, terapi untuk memulihkan kualitas hubungan seseorang dengan uang.

"How to heal your relationship with money" bukanlah materi resmi yang dicantumkan dalam materi promosi workshopnya. Sebab, dilekati oleh satu dari tiga sifat ilmu, metodologi yang satu ini dikategorikan sebagai ilmu yang hanya pantas diberikan kepada yang berminat saja. Jika di kelas ada yang memintanya akan diberikan dan jika tidak ya tinggal diskip saja.

Kondisi finansial kita adalah cerminan dari kualitas hubungan kita dengan uang. T. Harv Eker mengatakan bahwa millionaire mindset itu adalah tentang kualitas hubungan dengan uang dan bukan tentang uang itu sendiri. Contoh populer dari mindset yang bermasalah itu misalnya "money is the root of all evil - uang adalah akar dari segala masalah". Dan salah satu mindset sehat yang terpenting dalam konteks ini, adalah "jujur kepada diri sendiri" - sebuah mindset yang menjadi faktor penentu untuk segala kesembuhan.

Lebih dari itu, jika anda bertanya kepada saya, saya akan menjawab pendek, saya pasien juga yang sedang dalam penyembuhan. Jujur, hubungan saya dengan uang sungguh amburadul. Hubungan saya dengan uang, sangat diwarnai oleh mindset "easy come - easy go". Saya tidak tahu, sebagian dari anda mungkin menganggap mindset ini adalah cerminan dari "my relationship with money" yang sehat... atau yang sakit.

Note: Cara anda menyikapi tulisan ini saja sudah mencerminkan kualitas hubungan anda dengan uang.