Manajemen Waktu

By: Ikhwan Sopa

Tadi pagi saya diundang mengisi sebuah acara yang berjudul “Manage Your Time, Make It Productive“.

Kami tiba empat puluh lima menit sebelum acara dimulai dan ketika bertemu dengan panitia saya katakan, “bagian ‘Manage Your Time’ itu salah kaprah.”

Saat acara dimulai, setelah memberi salam dan memperkenalkan diri, saya berkata kepada audience, “Acara ini terjadwal dimulai pukul 09.00, ini sudah pukul 09.25, dan sebagian besar dari anda baru saja tiba. Mengapa bisa begitu?” Lalu saya jawab sendiri pertanyaan itu, “Well, you’ve said it yourself; time is manageable.”

Lalu saya jelaskan.

1. The time is not yours, you never own it, only God owns the time, all the time, since the beginning of time, until the end of time.

2. You can not manage anything that is not yours or anything that is not under your control. Termasuk, jam masuk kerja dan jam pulang kerja, kapan matahari terbit, kapan waktu sholat, dan seterusnya.

3. The only things you can manage is yourself and your priorities.

(Mess Into Message)