Re-Framing - MPdP CTB Model

Selamat malam sahabat,

Mari kita belajar MPdP CTB Model (Cara Terpendek untuk Berdaya) - salah satu metodologi terapi ala MPdP.

MPdP CTB Model mengandalkan dua elemen dasar yang aplikatif dalam keseharian. Dua elemen ini identik dengan pemberdayaan diri dan psikologi positif. Dua elemen itu adalah:

1. Re-Framing
2. Association

Setiap pribadi yang sedang tak berdaya, menjadi tak berdaya karena PIKIRAN-nya sedang terpenjara pada pola pikir yang tidak memberdayakan, dan PERASAAN-nya masih ter-disosiasi dari pola rasa yang memberdayakan.

Dengan MPdP CTB Model, praktisi MPdP menggeser (re-framing) PIKIRAN menjadi pola pikir yang terberdayakan dan menyuntikkan pola rasa dengan energi asosiasi sehingga menciptakan PERASAAN yang memberdayakan.

Pelajaran kita kali ini sederhana saja, yaitu tentang bagian "re-framing"-nya. Sederhana saja, HAFALKAN ini:

"Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."
(QS:2-216)

1. Ini menarik.
2. Ini bisa saja lebih buruk.
3. Ini tantangan, bukan masalah.
4. Ini adalah pengalaman tumbuh.
5. Ini hanya terjadi pada orang yang istimewa.
6. Kamu akan punya cerita yang dahsyat tentang itu suatu saat.
7. Ini hanya bagian kecil dari sesuatu yang lebih besar dan lebih penting.
8. Beberapa orang bahkan mau membayar lho untuk mengalami itu.
9. Hidup dan "ada" saja, sudah sesuatu banget, dahsyat!
10. Gelas itu setengah penuh, bukan setengah kosong.
11. Kamu akan makin mampu setelah menyelesaikan ini.
12. Ini justru kemampuan, bukan keterbatasan.
13. Bayangkan apa yang lepas dari kamu, jika kejadiannya tidak begini.
14. Semua ini adalah komunikasi.
15. Semua ini adalah pelajaran
16. Pada akhirnya, semua akan baik-baik saja.
17. Seluruh dunia sedang mengalaminya.
18. Cinta, bisa menyelesaikan hampir segalanya.
19. Ini bermanfaat dalam konteks yang berbeda.
20. Orang lain mungkin akan merespon dengan cara yang berbeda.
21. Itu muncul sebagai sebuah tanda perubahan yang positif.
22. Ini akan berubah lebih cepat jika engkau menikmatinya.
23. Segala sesuatu terjadi untuk alasan yang baik.
24. Nggak apa, pasti ada bagian dari dirimu yang mengerti tentang apa semua ini.
25. Apapun itu tentang dirimu, pada dasarnya bagus.
26. Hidup ini kan senda gurau tapi penuh pelajaran.
27. Apa yang di luar dirimu adalah cermin bagimu.
28. Kamu nggak perlu yang lain dalam hal ini, intuisimu akan membantu.
29 . Alam semesta ini akan membantumu, jika engkau mengizinkannya.
30. Kamu telah memiliki segala yang kamu perlukan, sekarang dan di sini.
31. Engkau akan selalu mendapatkan apa yang engkau minta.
32. Engkau akan selalu menemukan apa yang engkau cari.
33. Wow, Luar biasa!
34. Pasti ada pelajaran penting dalam hal ini.
35. Apapun itu, ya begitulah adanya. Ia menjadi buruk jika engkau membandingkannya dengan sesuatu.
36. Kamu sedang ikut ambil bagian dalam dinamika planet ini.
37. Itu terjadi persis sebagaimana engkau menciptakannya.
38. Ini terjadi karena engkau sendiri yang membuatnya.
39. Nggak kok, ini nggak membosankan.


Sahabat, segera setelah engkau menemukan polanya, lanjutkanlah poin ke-40 dan seterusnya.

Anyway sahabat, nomor berapa sih yang "gue banget" detik ini?

Main semangat!

Ikhwan Sopa