Alasan Terbaik Adalah Cinta

Selamat siang sahabat,

Dalam diri kita ada sebentuk titipan yang dilekatkan Tuhan menyertai jiwa sebagai ujian bagi hidup kita. Kemanapun kita pergi, ia selalu mengintai dan benar-benar serius ingin mencuri semangat dan keteguhan keyakinan kita. Dialah yang sebenarnya menciptakan ketakutan, kekhawatiran, dan segala kemarahan kita.

Mudah sekali kita mengerti, bahwa setiap pencuri pastinya hanya berusaha memasuki rumah yang ada isinya. Maka, semakin keras kita bekerja, semakin kuat kita memompa semangat, dan semakin teguh keyakinan kita, semakin keras pula ia berupaya mendobrak segala pertahanan kita.

Ia sebenarnya lemah, karena ia diciptakan sebagai ujian dan setiap ujian mestilah sepadan dengan kemampuan kita. Namun demikian, jika kita tak berhati-hati maka kita akan terjebak pada pola dan strategi yang salah dan justru membuat kita makin lemah.

Jika kita mengendap-endap membawa pisau, maka ketahuilah bahwa ia membawa pisau yang lebih tajam. Jika kita mendatanginya dengan membawa pistol, ia pun menyiapkan pistol dengan kaliber yang lebih besar. Apapun yang kita siapkan dan kita lakukan, ia cenderung makin siap pula.

Orang bijak bilang, yang sebenarnya perlu kita lakukan adalah menghidupkan lampu seterang-terangnya. Karena sebagai penghuni kegelapan, ia benar-benar takut pada cahaya.

Jangan melakukan sesuatu karena takut, karena khawatir, atau karena marah. Lakukanlah karena cinta.

Makin semangat!

Ikhwan Sopa