6 Pembangun Kekuatan Diri

Selamat siang sahabat,

Personal Power Structure

1. Purpose

Purpose adalah Misi Hidup. Untuk apa aku hadir di sini? Untuk tujuan apa aku dihadirkan di dunia ini? Kemana aku akan pergi setelah dari sini? Apa yang menjadi misi hidupku hingga akhir hayat? Purpose adalah ilmu tentang 'HAKIKAT' keberadaan. Keberadaanmu adalah untuk ibadah. Purpose adalah seni tentang 'BELIEFS'.

2. Desire

Desire adalah Hasrat. Desire berbeda dari 'want' atau 'need', dua yang terakhir adalah upaya menutup kekurangan, berangkat dari ego dalam bentuk ketakutan atau kekhawatiran tentang keadaan.

Desire berangkat dari fitrah kemanusiaan untuk bersumbangsih untuk kesejahteraan diri sendiri, umat manusia, dan dunia. Desire bernilai spiritual untuk memperkaya dunia dengan keberkahan dan keberlimpahan. Desire berangkat dari dalam. Desire adalah panggilan jiwa.

Desire adalah pilihan dari berbagai alternatif untuk memenuhi misi hidup. Jika engkau ingin berkelimpahan, seberapa jauh engkau mau berbagi? Jika engkau ingin banyak mendapatkan, seberapa besar engkau mau memberi? Desire adalah ilmu tentang 'KEHENDAK'. Desire adalah seni tentang 'PILIHAN' dan 'FOKUS'.

3. Decide

Decision adalah Keputusan. To decide adalah menetapkan dan menguatkan pilihan. Decide adalah ilmu tentang 'DECISION MAKING' alias ikhtiar. Decide adalah seni tentang kekuatan 'YES'.

4. Determination

Determinasi adalah perumusan dan pernyataan batasan-batasan dan kehendak kuat alias azzam untuk hidup di dalam batasan-batasan itu. Determinasi adalah ilmu tentang 'SYARIAT' yang tak boleh engkau langgar. Determinasi adalah seni tentang kekuatan 'NO'.

5. Commit

Commit atau komitmen adalah demonstrasi dari keputusan dan determinasi dalam bentuk 'ACTION' alias kasab. Commit adalah ilmu tentang 'EFISIENSI dan EFEKTIFITAS'. Commitment adalah seni tentang 'AMAL SOLEH' alias perbuatan baik.

6. Intention

Intention adalah Niat. Niat adalah ilmu 'PROGRAMMING'. Niat adalah seni tentang 'MERASAKAN'. Niat mencakup 1 s.d. 4 dalam konteks mental yang selalu kembali ke poin 1.

Sahabat,

1. Identifikasilah misi hidupmu.
2. Pilihlah jalannya.
3. Kuatkanlah tekad untuk menjalaninya.
4. Identifikasilah batasan, pagar, dan toleransinya.
5. Berkomitmenlah dalam tindakan dan amal soleh.
6. Jalanilah dalam aura niat yang sesuai misi hidupmu.

Apapun yang terjadi, selalulah bercerminlah kepada yang enam ini, supaya hukum alam bekerja dan insya Allah kerjamu sesuai hukum Yang Menciptakan Alam.

Makin semangat!

Ikhwan Sopa