Tujuh Strategi Dasar Kehidupan - Kenangan (1)

Selamat pagi sahabat,

"Pemberdayaan diri adalah kreatifitas taktik dari satu keadaan ke keadaan lain di dalam tujuh strategi dasar kehidupan."


1. Kenangan

Seperti file-file hasil kerja yang kita simpan di dalam harddisk komputer dengan jenis file, nama file, dan foldernya, tujuan terpenting menyimpan kenangan adalah agar kita dapat memanggilnya kembali untuk digunakan kembali terkait dengan suatu kepentingan.

Hidup yang kita jalani dari menit ke menit adalah proses-proses simultan penyimpangan kenangan dan pemanggilan kembali kenangan. Apa yang kita simpan itulah yang akan kita panggil dan menjadi isi dari kehidupan.

Kita perlu teliti tentang apa-apa yang kita simpan di dalam kenangan kita, agar apa-apa yang kita panggil menjadi isi atau realitas kehidupan, adalah apa-apa yang kita inginkan, kita perlukan, dan kita butuhkan.

Jika kita menyimpan lebih banyak virus, maka hidup kita adalah virus. Jika kita menyimpan lebih banyak penyakit, maka hidup kita adalah penyakit. Jika kita menyimpan lebih banyak kemarahan, maka hidup kita adalah kemarahan. Jika kita menyimpan lebih banyak dendam, maka hidup kita adalah misi balas dendam. Jika kita menyimpan lebih banyak ketidakpuasan, maka hidup kita adalah penyesalan.

Kenangan kita seperti arsip, gudang, dan sekaligus taman. Kita pasti ingin, perlu, dan butuh bahwa arsip kehidupan kita tertata rapi, terorganisir, efisien serta efektif di dalam keindahan, kebaikan, dan kebenaran.

Makin semangat!

Ikhwan Sopa