The Seven Habits of Highly Spiritual People

English? Use the Google Translate for this page - http://goo.gl/NQ4ev

Selamat pagi sahabat,

The Seven Habits of Highly Spiritual People

Dependence or Self-Slavery

1. Be Indifferent

Jika yang baik bisa tersembunyi dalam sesuatu yang tak kusukai, dan yang buruk bisa tersembunyi di dalam yang kusukai, untuk apa lagi aku masih mengandalkan rasa suka atau tidak suka?

2. Begin With The Beginning In Faith

Semuanya sudah tertulis di lauh mahfudz. Jika dunia dan kehidupan ini telah direncanakan, maka duniaku dan hidupku telah direncanakan. Jika aku sungguh tak tahu apa rencana-Nya, maka upayaku adalah berusaha maksimal mengikuti rambu dan tanda.

3. Put Last Things First

Sepenting apapun sesuatu, urgensinya haruslah ibadah. Untuk itulah aku diciptakan.

Intradependence

4. Think Lose-Lose

Aku ini hamba, bagaimana mungkin bisa menjadi tuan bagi sesama hamba? Aku ini makhluk, bagaimana mungkin menentang kekuasaan Khalik?

5. Seek First to be Understood, Then to Understand

'Yakinkan' Tuhan, dengan izin-Nya aku akan mengerti dunia. Yang mengejar bayangan tak akan pernah bisa memeluknya, yang berjalan menuju cahaya bayangan akan mengikutinya.

6. Be Selfish

Ingatlah selalu akan hari di mana manusia seperti orang mabuk, ibu yang mengandung keguguran dan yang menyusui tak menghiraukan bayinya lagi, gunung-gunung hancur lebur seperti debu yang bertebaran, langit terpecah, matahari digulung, bulan tak lagi di tempatnya, dan bintang-bintang berserakan.

Self Obsolescence

7. Soften the Saw

Aku harus mulai menumpulkan ego dan nafsuku, sebab kiamat kecilku makin dekat dan kiamat besar sedang datang. Sejalan dengan waktu, aku harus terus menyeimbangkan fokus di dalam kesementaraan demi keabadian. Aku harus memperhatikan bagaimana langit dan bumi diciptakan dan mengamati secara seksama dengan penuh kewaspadaan. Ya, selagi keduanya masih biru.

Sekedar mengingatkan diri dan sesama.

Makin semangat!

Ikhwan Sopa