Pro dan Kontra Motivasi dan Pengembangan Diri

Selamat malam sahabat,

Aku pesankan ini untuk diriku sendiri, dan semoga bermanfaat bagimu yang membacanya.

Bahayanya motivasi dan pengembangan diri. Bahaya yang mengancam para motivator dan trainer pengembangan diri.

Penghambat terbesar untuk mengembangkan diri adalah ego. Lucunya, jika tak waspada pengembangan diri justru ikut mengembangkan ego.

Dengan mengembangkan diri, aku mendapatkan pengetahuan baru dan keahlian baru di dalam hidupku. Dengan pengetahuan dan keahlian itu, hidupku bertransformasi menjadi kehidupan yang baru. Lalu, aku mulai terasing dari mereka yang belum mengembangkan diri.

Dalam kehidupan yang baru, aku membangun belief system yang menurutku lebih baik dan lebih akurat dari sebelumnya. Dengan belief system itu, aku menjadi semakin terampil memprediksi dan mengkreasi masa depan.

Dengan akurasi dan keterampilan itu, aku cenderung merasa semakin "BENAR". Dengan akurasi dan keterampilan itu, aku semakin terampil pula memilah dan memilih pola-pola kehidupanku. Maka, aku pun menjadi merasa semakin "PANDAI".

Aku menjadi semakin mudah mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan diri sendiri. Apalagi, kekurangan dan kelemahan orang lain.

Selanjutnya, aku semakin menemukan lebih banyak lagi kekurangan dan kelemahan di dunia ini.

Dan puncaknya, aku merasa semakin nyaman berada di sekitar mereka yang lebih lemah dan kurang dibanding aku.

Aku telah tertipu. AKU telah menipu.

Egoku yang makin membesar diam-diam, dengan menyeringai mengucapkan selamat datang di dunianya.

Mungkin ini saatnya, aku mulai perlu menggarap PR-ku yang ditugaskan dengan diam-diam. Aku harus terus belajar dan terus belajar. Aku perlu menjadi pribadi yang mengerti kelemahan orang lain, mengerti mengapa mereka gagal belajar dari kesalahannya, dan pada saat yang sama tetap mampu berempati dan menerima mereka apa adanya, sembari bersiap-siap jika bantuanku memang diperlukan.

Makin semangat!

Ikhwan Sopa