Licensed Practitioner of MPdP

Selamat malam sahabat,

Insya Allah, hari Senin, tanggal 23 Januari 2012 yang akan datang, QA Communication selaku salah satu lembaga penyelenggara "Training Sertifikasi Manajemen Pikiran dan Perasaan" akan mewisuda "Licensed Practitioner of MPdP" angkatan pertama, bertempat di Graha Wisata TMII, Jakarta Timur.

Adapun untuk tingkat praktisi ini, kualifikasi keahlian minimum mereka terdiri dari tiga yaitu:

1. MPdP Knowledge

Yaitu pemahaman umum praktisi MPdP tentang Belief System versi MPdP yang terdiri dari "35 Kecerdasan Mental", yang dikelompokkan ke dalam tiga kelompok besar beliefs, yaitu:

- Beliefs tentang diri.
- Beliefs tentang upaya, ikhtiar, dan kerja.
- Beliefs tentang tujuan, target, visi, dan cita-cita.

Gambaran umum dari knowledge ini dituangkan ke dalam sebuah buku berjudul "Manajemen Pikiran dan Perasaan" yang dapat diperoleh di toko-toko buku terdekat, atau dapat dibeli secara online di situs penerbitnya di sini:

http://www.penerbitzaman.com/code.php?index=Katalog&op=tampilbuku&bid=118

Gambaran umum dari beliefs system ini juga dituangkan ke dalam sebuah ebook anak buku "Manajemen Pikiran dan Perasaan" yang langsung dapat sahabat download dari sini:

http://qacomm.com/docs/Manajemen-Pikiran-Dan-Perasaan.pdf

Untuk kepentingan Personality Assessment, "35 Kecerdasan Mental" MPdP dikelompokkan ke dalam empat macam personality yang berbasis model otak empat kuadran (otak kiri, kanan, depan, dan belakang). Kami menyebutnya sebagai "MPdP Inventory" yang dapat sahabat download dari sini:

http://qacomm.com/docs/Inventori-MPdP.pps

2. Therapeutic MPdP Skill

Yaitu kemampuan teknis praktisi MPdP untuk kepentingan terapi pemberdayaan diri dalam konteks 'cure and solutions oriented', alias dari masalah ke solusi dan dari ketidakberdayaan menuju keberdayaan.

Gambaran framework dan workflow dari model terapi ini bisa sahabat download dari sini:

http://qacomm.com/docs/Therapeutic-MPdP.pps

Salah satu teknik terapi yang kami standarisir untuk tingkat praktisi adalah "CTB Model" atau "Cara Terpendek untuk Berdaya" berbasis pola Re-Framing Pikiran dan Asosiasi Perasaan yang sangat sederhana namun memiliki kekuatan pemberdayaan yang sangat kuat.

Gambaran umum dari CTB Model ini dapat sahabat download dari sini:

http://qacomm.com/docs/CTB-Model.pps

3. MPdP Personal Transformation Skill

Yaitu kemampuan teknis praktisi MPdP untuk kepentingan pengembangan diri dalam konteks 'accelerated transformation oriented', alias dari kondisi keberdayaan saat ini menuju pengembangan diri ke arah keberdayaan yang memuluskan pencapaian tujuan dan cita-cita.

Salah satu model akselerasi pengembangan diri yang kami kembangkan adalah MPdP "Metaphoric Personal Transformation Model" atau disingkat "MPT Model" berbasis fakta bahwa seluruh kehidupan adalah tentang Makna dan Pemaknaan di mana setiap manusia memiliki "cara pandang tentang diri, kehidupan, dan dunia".

Gambaran umum dari MPT Model ini dapat sahabat download dari sini:

http://qacomm.com/docs/MPT-Model.pps

Sebagai tambahan, MPdP juga menawarkan "Cara Pandang MPdP Tentang Manusia dengan Pikiran dan Perasaannya". Gambaran umum tentang cara pandang ini dapat sahabat download dari sini:

MPdP Self Model
http://qacomm.com/docs/MPdP-Self-Model.pps

MPdP Emotional Roadmap
http://qacomm.com/docs/Emotional-Roadmap-MPdP.pps

Sebagai ringkasan, seorang "Licensed Practitioner of MPdP" diharapkan memenuhi kualifikasi standar setidaknya dalam tiga hal yaitu:

- MPdP Basic Knowledge
- MPdP Therapeutic Skill
- MPdP Personal Transformation Skill

Mohon doa restu dari sahabat, semoga bermanfaat.

Makin Semangat!
Ikhwan Sopa