Ilmuwan dan Ulama

Selamat siang sahabat,

"Hidup adalah tentang keyakinan, dan keyakinan selalu dipertanyakan."

Ilmuwan psikolog freudian memperkenalkan tiga aparat psikis yang ada dalam diri setiap manusia. Tiga aparat itu adalah:

1. Id. Kecenderungan insting yang primitif, hewani, dan tak tertata.

2. Ego. Organisator yang realistik atas dasar pertimbangan akal.

3. Super-ego. Pemegang peran kritis dalam nilai-nilai dan moralisasi.

Ulama tadzkiyatun nafs mengangkat tiga jenis nafsu yang ada dalam diri manusia sebagaimana yang difirmankan Tuhan. Tiga jenis nafsu itu adalah:

1. Ammarah Bissu'. Kecenderungan seperti hewan atau lebih rendah dari hewan.

2. Lawwamah. Kecenderungan berakal jernih dan sehat, tapi lemah dan sering lalai. Pandai menyesali diri tapi juga mudah terpengaruh.

3. Muthmainnah. Kecenderungan yang tercerahkan dan dirahmati Tuhan, hingga ia menjadi tenang dan tenteram.

"Manajemen Pikiran dan Perasaan" alias MPdP, merumuskan bahwa kedua golongan ilmiah (ilmuwan dan ulama) ini bersepakat dalam tiga hal terkait keadaan mental manusia, yaitu:

1. Syubhat, yaitu penyakit yang muncul karena "pola pikir" yang blunder atau salah, yang mengakibatkan keragu-raguan alias tidak teguhnya keyakinan (cemas, takut, khawatir), karena pengaruh Ego atau Lawwamah (permainan logika) yang merusak idealisme Super-ego dan kecenderungan Muthmainnah (sistem tata nilai spiritual yang mendasar).

2. Syahwat, yaitu penyakit yang muncul karena "pola rasa" yang tak terkendal dan tak tertata, yang mengakibatkan tak terkontrolnya emosi (hilang akal dan kemanusiaan), karena pengaruh Id atau Ammarah (kecenderungan hewani yang primitif) yang mengacaukan atau merusak fungsi dasar Ego dan kecenderungan Lawwamah (kejernihan pertimbangan akal yang sehat).

3. Hakikat, yaitu keadaan yang tenang dan seimbang alias berbahagia dan sejahtera karena terbukanya tabir berbagai hikmah, yang mengarahkan manusia kepada pengenalan (ma'rifat) yang makin dekat kepada Tuhan.

"MPdP Self Model"
http://qacomm.com/docs/MPdP-Self-Model.pps

Wallahua'lam.
Ikhwan Sopa