Contoh Lain Ilmu "Entah Bagaimana"


"Jika engkau mau, kau bisa meletakkan kerja keras di antara ngoyo dan malas."
- Ikhwan Sopa -

Selamat pagi sahabat,

Yang berikut ini mungkin termasuk juga ilmu "entah bagaimana". Dengan sedikit modifikasi oleh pelakunya.

Istri saya mendapat kisah ini dari ibunya. Mertua saya itu menceritakan tentang perilaku 'aneh' dari salah seorang pekerja di konveksi kecilnya.

Beberapa minggu belakangan, pekerja ini sibuk membuat kandang kambing, berhari-hari mengutak-atiknya, dan bahkan menyiapkan rumputnya. Anehnya, kandang kambing itu masih saja terus kosong tanpa penghuni.

Lama kelamaan orang mulai bertanya, termasuk mertua saya. Ia penasaran, "Mang, kok kandangnya masih kosong terus?"

Pekerja itu mengatakan, bahwa sebelum menjadi tukang jahit ia senang sekali mengurus kambing. Ia membuat kandang kambing dengan harapan bisa menyalurkan kembali kesukaannya itu.

"Terus dari mana kambingnya?" Mertua saya bertanya.
"Nanti, insya Allah akan ada yang nitip kambing di kandang saya."

Entah bagaimana, mertua saya membeli dua ekor kambing dan lalu menitipkan ke kandangnya.

Sebuah kejadian yang logis dan mekanistis adanya, tapi kuat sekali menyemburatkan warna keyakinan. Dengan yakinnya ia berharap dan dengan yakinnya ia bertindak, dan dengan sedikit tak terlalu peduli pada hukum sebab akibat yang galibnya kita kenal.

Makin semangat!

Ikhwan Sopa