Resolusi Gaya Otak Kiri

Selamat siang sahabat,

Untukmu yang memilih ber-resolusi dengan gaya otak kiri, bersiaplah untuk ekstrem dan militan.

1. Resolusi adalah tentang mencapai hasil, bukan tentang menikmati perjalanan. Ini adalah keputusan untuk bekerja dan bukan untuk berjudi.

2. Resolusi adalah pilihan pribadi, yang ber-resolusi bersedia memikul tanggung jawab tentang apapun yang terjadi selama tahun resolusi.

3. Resolusi adalah tentang kekuatan kemauan alias tentang kesadaran. Musuh utama kesadaran berasal dari bawah sadar.

4. Resolusi adalah tentang self discipline. Penyakitnya adalah kebosanan.

5. Resolusi adalah tentang berlatih keras menggeser siklus-siklus dari "ingin", menjadi "perlu", dan menjadi "butuh".

6. Resolusi adalah kumpulan tindakan yang belum dilakukan. Merealisasi hasil identik dengan merealisasi tindakan-tindakan.

7. Rencana adalah peta untuk memperjelas penampakan perjalanan dan pencapaian hasil. Peta harus mutakhir.

8. Rencana mencakup juga rencana syukur untuk pencapaian dan rencana sabar untuk penundaan dan penggantian oleh-Nya.

9. Niat adalah utama, setiap niat langsung ditindaklanjuti dengan tindakan yang mencerminkan pencapaian secara nyata, bukan dalam bentuk simbol atau metafora melainkan realisasi porsi-porsi pencapaian, seperti yang ingin kendaraan langsung membuat SIM, yang ingin rumah langsung membeli tanah, yang ingin traveling internasional langsung traveling lokal, yang ingin nilai terbaik langsung belajar keras, yang ingin istri langsung mencari, yang ingin kaya langsung mengumpulkan uang, yang ingin punya bisnis langsung membukanya. Sudah terbukti mempersingkat waktu secara menakjubkan. Setiap penundaan adalah penggagal rencana, sebab setiap resolusi adalah tentang jangka waktu selama satu tahun.

10. Setiap upaya dan usaha selama tahun resolusi bukanlah pembelajaran melainkan perjuangan keras yang nyata.

11. Segala sesuatu lebih berat di kepala daripada di pundak.

12. Pencapaian hasil itu penting, sepenting itu pula segala tindakan. Setiap "Nilai" melekat pada "Keterlibatan". Nilai 100 melekat pada Keterlibatan 100. Nilai 100 dengan Keterlibatan 80 hasil akhirnya 80. Nilai 80 dengan Keterlibatan 80 hasil akhirnya 64. Diskon bukan untuk yang ber-resolusi.

13. Hasil akhir sudah harus jelas terlihat saat ber-resolusi, hanya ada dua; dalam bentuk gambar dan dalam bentuk angka. Batas akhirnya sudah pasti.

14. Hasil akhir selalu lebih penting dari segala keraguan dan kekhawatiran.

15. Penghenti terbesar resolusi adalah "HALT", Hungry, Angry, Lonely, Tired. Ketika sumber daya tersedot habis (oleh karena itu siapkanlah untuk setahun), ketika kemarahan merajalela (oleh karena itu rencanakanlah kesabaran), ketika kesepian (karena resolusi selalu bersifat sangat pribadi), dan ketika kelelahan karena semua itu.

16. Hasil akhir di tangan Tuhan.

Jika engkau merasa keberatan, pertimbangkanlah untuk mengambil gaya kanan, atau gaya campuran.

Tahun 2006-2010 saya cenderung bergaya kiri, tahun 2011 bergaya campuran, dan tahun 2012 saya memilih gaya kanan. Saya membuktikan, bahwa mengambil gaya kiri secara ekstrem, cenderung membuat saya dipersepsi egois dan tidak menyenangkan oleh lingkungan. Jika engkau siap, hadapi saja semua itu dengan tetap berniat positif dan mengukur diri agar tak membahayakan dan merugikan orang lain.

Gaya Kiri:
"Saya juara dan saya siap tempur!"

Gaya Campuran:
"Hanya ada dua isi kepala, mengantarkan kita ke cita-cita, atau menjauhinya."

Gaya Kanan:
"Setiap kita bisa bermimpi sendirian, mencapainya tidak."

Tetap semangat!

Ikhwan Sopa