Teamwork: Pelajaran dari Angsa Liar


Selamat siang sahabat,

Jika orang berkata 'bersama kita bisa', itu memang banyak benarnya.

Angsa liar, setiap tahun menjalankan sebuah proyek besar dan berat bersama-sama. Mereka terbang ke tempat yang jauh bermigrasi menuju ke kehidupan yang lebih baik.

Mereka tak akan menjadi rombongan yang besar jika belum menemukan arah yang tepat. Setelah mereka menemukan pemimpin dengan visi dan misi yang jernih barulah mereka bergerak terbang dengan indah.

Mereka terbang tinggi membentuk formasi seperti huruf 'V'.

Setiap kepakan sayap dari seekor angsa dalam formasi itu, memberi dampak daya angkat yang menguntungkan keseluruhan rombongan. Setiap kepak sayap salah satu angsa sangat membantu angsa-angsa di belakangnya.

Setiap angsa yang keluar dari rombongan, segera merasakan sedotan gravitasi bumi yang makin kuat, hingga ia selalu memutuskan untuk kembali masuk ke dalam formasi dan memanfaatkan daya angkat yang diciptakan angsa-angsa di depannya.

Dengan formasi huruf 'V', rombongan angsa itu mampu menjangkau jarak 71% lebih jauh ketimbang terbang sendiri-sendiri.

Angsa-angsa di belakang angsa terdepan yang memimpin rombongan, tak henti-hentinya meniup terompet berkwak-kwak agar sang pemimpin terus menjaga kecepatan.

Jika salah satu angsa menjadi sakit atau terluka, ia akan segera keluar dari rombongan, dan kemudian dua ekor angsa lain akan mengikutinya untuk membantu dan melindunginya.

Kedua angsa itu terus menemani angsa yang sakit atau luka itu sampai ia mati atau mampu terbang lagi. Mereka kemudian membentuk tim baru atau bergabung dengan formasi besar angsa liar yang lain, sampai mereka bisa kembali ke rombongan awalnya.

Jika angsa yang memimpin mulai kelelahan dan berkurang kecepatannya, ia segera berputar balik masuk ke formasi, dan seekor angsa lain segera menggantikannya memimpin rombongan.

Allah Maha Besar, begitu pandainya makhluknya bekerjasama!

Selamat bekerja!

Ikhwan Sopa
Master Coach MPdP
Master Trainer E.D.A.N.
http://qacomm.com