Training Sertifikasi Manajemen Pikiran Dan Perasaan


"From Beliefs, To Knowledge, To Life Skill. Dari Pembenaran, Menuju Kebenaran. Insya Allah."
Ikhwan Sopa

Dear all,

Terbitnya buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" di atas, insya Allah pertengahan Mei 2011 nanti, bagi kami adalah sebuah pintu menuju perjalanan petualangan baru kami di dunia pengembangan diri. Buku di atas adalah sebuah "awal" dan bukan "akhir".

Selama proses penulisan dan penerbitannya, kami cukup intens berdiskusi, bertukar pikiran, belajar, dan meriset ke berbagai fenomena dan pihak di dunia training dan pengembangan diri. Terimakasih banyak kepada pihak-pihak berikut ini yang telah berbesar hati dan tulus ikhlas membimbing kami (langsung atau tidak langsung, dan bahkan mungkin yang bersangkutan tidak menyadari), hingga buku ini akhirnya bisa selesai dan insya Allah terbit:

- Pak Yan Nurindra
- Kang Asep Haerul Gani
- Mas Prasetya M Brata
- Mas Agung Webe
- Pak Jamil Azzaini
- Mas Prie GS
- Pak Syaiful Bachri (Kang Puhong)
- Mas Krishnamurti
- Mas Ronny Furqony
- Bang Zaki Makarim
- Bang Fathi Ridwan Basalamah
- Mas Ebes Supriyanto
- Mas Arif RH

Dan masih banyak lagi nama yang tak bisa kami sebut satu per satu di sini, yaitu para sahabat Facebook semua dan para guru virtual saya.

Di saat-saat mendekati proses penerbitan, persoalan judul "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" sempat menjadi perdebatan hangat di antara kami.

Dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di atas, kepada seluruh sahabat Facebook, dan kepada segala pihak yang telah membantu kami, langsung atau tidak langsung, terkait dengan buku ini.

Sebagai "awal" - buku ini ditindaklanjuti dengan berbagai training sebagai pelengkap, sehingga buku ini tidak hanya terbatas sebagai bacaan atau inspirasi. Kami sangat berharap, bahwa buku ini benar-benar menjadi penerang, pencerah, perubah, dan pemakna kehidupan bagi sesiapa yang terlibat dengannya.

Patut dicatat, bahwa keberadaan buku di atas tidak diposisikan semata-mata sebagai sebentuk "preview" dari training yang kami gelar. Kami mengupayakan bahwa buku itu tetap dapat menjadi sesuatu yang mandiri dan lengkap dengan ketebalan 392 halaman, yang insya Allah semaksimal mungkin bisa menyampaikan apa-apa yang kami yakini baik, benar, pantas, dan indah bagi kehidupan.

Berbagai training itu, kami posisikan sebagai sebentuk sumbangsih kecil kami, bagi diri kami sendiri, bagi setiap individu yang memaknai hidupnya sebagai indah, baik, dan benar, bagi masyarakat luas, bagi bangsa dan negara yang kita cintai, dan bagi kemanusiaan dan peradaban. Semoga, "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" dapat memberikan inspirasi yang menuju kepada "proses standarisasi" dari segala apa yang telah dikembangkan oleh berbagai pihak dalam dunia pengembangan diri, life skill, dan softskill.

Training-training yang mengikuti buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" adalah sebagai berikut:

1. Training Sertifikasi Praktisi (Certified Practitioner) "Manajemen Pikiran Dan Perasaan",
2. Training Sertifikasi Praktisi Master (Certified Master Practitioner) "Manajemen Pikiran Dan Perasaan", dan
3. Training Sertifikasi Pelatih Praktisi (Certified Trainer) "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".

Para praktisi, praktisi master, dan pelatih praktisi, akan kami wadahi dalam sebuah komunitas. Secara online, kami menyiapkan wadah itu di sini: http://pikiranperasaan.org/ (dalam pengerjaan). Dalam wadah ini, kami juga mengembangkan sebuah forum R&D dan think-tank, guna pengembangan, update skill, kurikulum, profesi dan organisasi praktisi ke masa depan. Jika Anda tertarik, Anda bisa terlibat dalam semua ini.

Insya Allah, Training Sertifikasi Praktisi (Certified Practitioner) "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" angkatan pertama akan kami gelar pada tanggal 18-22 Juli 2011 mendatang.

Gambaran umum dari training tingkat dasar ini - Praktisi (Certified Practitioner) adalah sebagai berikut:

1. Disain Training

Training ini didisain untuk mengakomodasi dan melatih trainee dalam dua tahap, yaitu

- Menjadikan "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" sebagai self skill.
- Menjadikan "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" sebagai helping skill.

Di tahap self skill, para trainee akan dibimbing dan dilatih untuk memahami dan mendalami fenomena beliefs system-nya sendiri. Kemudian, mereka akan dibimbing melakukan assesment dan identifikasi sejauh manakah akurasi dan keandalan dari beliefs system mereka itu dalam menunjang keberhasilan kehidupan pribadi mereka. Pada dasarnya, mereka mengerjakan "pekerjaan rumah" alias PR mereka sendiri. Ini kami anggap sangat penting dan mendasar, sebab pada akhirnya, setelah mereka mengikuti training ini, mereka akan memposisikan diri mereka sebagai seorang "people helper" di berbagai bidang, misalnya terapis, konselor, konsultan, coach, mentor, fasilitator, atau nara sumber untuk bidang keahlian "Manajemen Pikiran Dan Perasaan". 

Di tahap helping skill, para trainee akan dibimbing dan dilatih untuk memahami dan mendalami berbagai hal terkait "people helper skill" di antaranya:

- Melatih kemampuan meta-cognition (berpikir tentang berpikir),
- Melatih basic intervention skill (teknik intervensi dasar) - mis. talk therapy atau brief intervention
- Melatih seni intervensi dengan pendekatan inspirational dan motivasional (metaphor, looping, seeding, dan sebagainya).

Tiga basic skill di atas adalah menjadi target utama dari training ini.


Terkait tiga target pelatihan di atas, para trainee tidak harus seorang psikolog atau yang memiliki latar belakang ilmu psikologi. Pada dasarnya, meta cognition dan basic intervention skill adalah keterampilan berkomunikasi. Namun demikian, adalah dianjurkan kepada para trainee, untuk mempelajari ilmu-ilmu psikologi terapan dasar dan ilmu-ilmu komunikasi seperti hypnosis dan NLP.

2. Keterkaitan training ini dengan buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan"

Buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan" adalah modul utama untuk training ini, yang dibahasakan ulang menjadi poin-poin pembelajaran. Oleh sebab itu, setiap trainee diwajibkan untuk selesai membaca keseluruhan buku ini, maksimal satu minggu sebelum training dilaksanakan. Buku ini didapatkan secara terpisah, dengan membeli atau meminjam, di luar biaya training itu sendiri.

3. Outcome Skill

Insya Allah, outcome berikut inilah yang kami harapkan setelah menyelesaikan training basic ini.

- Trainee telah memperbaiki beliefs system-nya sendiri, hidup di dalamnya, dan mengoperasikan kehidupannya dengan segala tools dan kelengkapannya.

- Trainee telah memiliki kemampuan untuk mengeksekusi seni "people helper" sesuai dengan profesi dan kepentingan baiknya masing-masing.

- Sebagai gambaran, skill yang dikuasai alumni dari training ini, insya Allah akan mengacu kepada overall beliefs system sebagaimana yang diungkap dalam buku "Manajemen Pikiran Dan Perasaan", seperti ini:

"Kenaikan target 200% itu luar biasa. Butuh sikap mental khusus menilik bagaimana mereka harus melakukannya di lapangan. Di antaranya, adalah tentang Bab 24 dan Bab 23. Ini krusial, sejauh ini mereka masih sangat mengandalkan Bab 27 dan 21 saja. Secara team, jika ini bisa dilakukan, insya Allah dalam beberapa bulan kita akan mengalami kemajuan pesat."

"Baiklah Pak Andri, anda bermasalah dalam Bab 2, Bab 17, Bab 19, dan Bab 29. Mari kita perbaiki."

"Kesimpulan saya, pasukan Pak Didin masih lemah dalam Bab 4, Bab 14, dan Bab 35. Mari kita telusuri, dan mari kita benahi."

"Pak ustadz, Anda bisa meng-utilisasi Bab 23, Bab 12, dan Bab 11. Bukankah itu identik dengan apa yang dikatakan oleh kitab suci?"

"Diagnosis: Bab 7, Bab 8, Bab 16, dan Bab 5. Prognosis: Bab 4, Bab 8, dan Bab 13.Rekomendasi : Bab 2 dan 4, Bab 16 dengan modifikasi, dan Bab 5 dengan penguatan."

"Dear Board Of Director, budaya perusahaan Anda, sangat lemah dalam Bab 12, Bab 28, dan Bab 35. Rekomendasi profesional saya adalah menyelenggarakan sebuah training tentang ilmu komunikasi dan kepemimpinan."

"Secara prioritas, apa yang perlu kita perbaiki di divisi ini, adalah Bab 32, Bab 24, dan Bab 28. Si A itu kirim saja ikut training NLP, si B ikutkan pelatihan Hypnosis, si C itu cukup dinaikkan saja targetnya. Si D, dicoach lagi deh sellingnya. Si E, si F, dan si G silahkan dibenahi customer service skillnya. Si H itu bekali dengan handling objection. Dan si I, OB yang potensial itu, silahkan tandemkan dengan satu atau beberapa temannya."

"Instansi ini, sedang melakukan perubahan. Sikap mental yang diperlukan menurut pucuk pimpinan, adalah sebagaimana yang dimaksud dalam Bab 1, Bab 2, dan Bab 33. Oleh sebab itu, apa yang paling efisien dan efektif untuk kepentingan ini, adalah membawa mereka ke suatu event outbound, dan di sana akan kita berikan sebuah sesi untuk menginternalisasi corporate values, corporate vision, dan corporate mission. Titik beratnya adalah tentang Bab 12, dan Bab 6."

"Ah elu. Gitu aja nggak bisa. Sini, kita future pacing lagi Bab 12."

"Hmmm... dia sedang berbicara dengan pikiran. Padahal tadi ngomongnya pake perasaan."

Note: Kami menyadari, bahwa mengutak-atik kehidupan, dunia profesi, dan dunia bisnis tidaklah semudah membalik telapak tangan. Namun demikian, kami meyakini bahwa perjalanan menuju target, cita-cita, dan tujuan, akan menjadi jauh lebih mudah, jika kita dapat menciptakan model-model yang sederhana dan terukur. Kita, jelas tak ingin mempersulit.

Gambaran skill outcome ini dapat lebih dipahami dengan menengok daftar isi dari buku ini di sini:

http://blog.qacomm.com/2011/04/daftar-isi-manajemen-pikiran-dan.html

4. Siapa yang pantas mengikuti training ini

- Pribadi untuk kepentingan pribadi
- Manager HRD
- Para manager divisi atau departemen lain dalam organisasi dan perusahaan
- Terapis, konselor, konsultan, coach, mentor, fasilitator, atau nara sumber
- CEO, company owner
- Leader di segala bidang
- Dosen, guru, praktisi Pendidikan
- Dai, penceramah, ulama, dan penasehat spiritual
- Praktisi lapangan, salesman, dan sebagainya.

5. Training tingkat mastery dan pelatih, pengembangan profesi praktisi, dan organisasi

Dijelaskan dalam training.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tertarik?

Ikhwan Sopa
Master Trainer E.D.A.N.
Founder, Pelatih Utama "Manajemen Pikiran Dan Perasaan".