Kreatifitas: The Disney Strategy

Sahabat,


15 Mei 1928, Mickey Mouse lahir dalam keadaan bisu. Ia baru bisa bersuara setahun kemudian, tepatnya 17 Maret 1929. Film pertamanya berjudul "Plane Crazy". Sejak saat itu, Mickey Mouse menjadi legenda animasi dan kartun hingga hari ini.

Ayah Mickey Mouse adalah seorang Walter Elias Disney, atau lebih dikenal dengan nama "Walt Disney", yang kini juga dikenal sebagai rajanya taman bermain (theme park- disneyland) di berbagai pelosok dunia.

Robert Dilts, salah satu mbahnya dunia NLP, mencari tahu bagaimana fenomena Disney menjadi besar dan melegenda. Ia menggali strategi kreatifitas Walt Disney dalam menciptakan semua itu. Lahirlah "The Disney Strategy".

Inti kreatifitas ala Walt Disney sederhana. Ia membagi ruang berpikirnya menjadi beberapa kamar layaknya kamar di rumah kita. Ruang-ruang atau kamar-kamar itu adalah:

1. Ruang Dreamer
2. Ruang Critic
3. Ruang Realist

Ketika pikiran sedang mengembara masuk ke dalam ruang dreamer, apa yang ada adalah kreatifitas semata-mata. Di ruang ini, kreatifitas digenjot semaksimal mungkin tanpa melibatkan kritik atau kendala realitas. Yang ada hanyalah kreatifitas-kreatifitas dan segala kemungkinan opsinya. Liar, bebas.

Jika telah puas dengan pengembaraan liarnya, setelah berbagai kesimpulan kreatif dibuat, pikiran dipersilahkan masuk ke ruang kritik. Di sini, yang ada hanyalah kritik dan kritik. Segala ide kreatif itu dihadapkan adu kepala dengan segala kritik yang mungkin diungkapkan. Ide-ide itu dikritik habis-habisan.

Setelah itu, barulah pikiran memasuki dunia realistik. Ide dan kreatifitas yang telah dikritik habis-habisan digiring untuk menjadi realistik. Dengan demikian, ide dan kreatifitas itu akan menjadi realistis alias memang bisa direalisasikan.

Kekurangpahaman tentang pembagian ruang ini, atau ketidaksepakatan di dalam brainstorming dan pembahasan, seringkali mematikan ide dan kreatifitas.

Tips: Secara pribadi dan  organisasi, membiasakan The Disney Strategy seringkali menghasilkan ide-ide briliant, yang dalam sejarah telah terbukti banyak mengubah dunia!

Semoga bermanfaat.

Ikhwan Sopa
Master Trainer E.D.A.N.