Self Confidence: Tiga Langkah Makin Percaya Diri


Catatan ini adalah tentang tiga langkah mudah untuk selalu bisa menaikkan dan mempertahankan rasa percaya diri. Naik? Pertahankan?

Ya, betul sekali.

Percaya diri Anda harus selalu naik. Sebab, Anda sendiri memang selalu ingin naik bukan? Ketahuilah, salah satu konsekuensi dari "naik" dan "membesar", adalah munculnya fenomena baru dalam bentuk kendala, hambatan, cobaan, ujian, persoalan, dan tantangan yang juga makin naik dan membesar. Logis sekali jika Anda menyadari bahwa rasa percaya diri Anda juga mestinya ikut naik dan membesar. Minimal, setara dengan semua fenomena itu.

Percaya diri Anda harus selalu dipertahankan. Sebab, segala bentuk fenomena yang muncul bersamaan dengan kenaikan dan membesarnya diri Anda, akan punya pengaruh. Di antaranya adalah menggerogoti rasa percaya diri Anda hingga terus menyusut. Maka, logis juga jika Anda menyadari bahwa rasa percaya diri Anda juga mestinya bisa bertahan dari gerusan.

Bagaimanakah caranya agar Anda bisa selalu menaikkan dan mempertahankan rasa percaya diri? Makin berkuasa, makin berprestasi, makin kaya, atau makin tinggi jabatan Anda, tidak serta merta akan menaikkan dan mempertahankan rasa percaya diri Anda. Jika Anda masih meyakini kemungkinan itu, maka keyakinan Anda masih belum maksimal dan masih mengandalkan semata-mata daya tarik dan belum memanfaatkan daya dorong.

Ingat hal ini, daya tarik terkait dengan sesuatu yang belum Anda miliki. Daya dorong terkait dengan sesuatu yang sudah Anda miliki sekarang.

Keyakinan Anda di atas, masih berada di zona "percaya diri adalah akibat". Oleh sebab itu, apa yang perlu Anda lakukan adalah memasuki zona baru, yaitu "percaya diri adalah sebab". Dan dengan menjadikannya sebagai sebab, Anda akan menggeser rasa percaya diri Anda menjadi lebih dari sekedar rasa dan fenomena. Rasa percaya diri Anda akan menjadi "skill" dan "energi" untuk pencapaian Anda.

Di Power Workshop E.D.A.N., jika Anda mengikutinya, Anda akan mendalaminya selama dua hari atau dua kali delapan jam dengan berbagai praktek dan pemahaman. Dalam note ini, kita permudah dengan mengajukan pertanyaan yang mesti Anda jawab secara langsung. Dan Anda, bisa melakukannya sesering mungkin. Mulailah saat ini juga.

Dr Brian Roet, dalam bukunya "The Confidence To Be Yourself", mengungkapkan tiga poin penting, yang perlu Anda kuasai untuk bisa selalu menaikkan dan mempertahankan rasa percaya diri, yaitu:

1. Know your self
2. Like your self
3. Accept your self


Temukanlah jawaban dan jawab sesegera mungkin dan sesering mungkin rentetan pertanyaan berikut ini. Jawablah dengan pikiran jernih, kesadaran penuh, dengan hati nurani. Jawablah dengan idealisme Anda setinggi mungkin.

1. KNOW YOUR SELF

Siapa sih Anda?
Secara personality, Anda termasuk tipe manusia apa?
Faktor apa yang paling dominan dalam personality Anda itu?
Apa yang sangat memotivasi Anda?
Apa yang membuat Anda sedih atau tidak berbahagia?
Apa yang membuat Anda merasa takut?
Apa yang membuat Anda senang dan berbahagia?


2. LIKE YOUR SELF

Apa pada diri Anda yang paling Anda sukai?
Apa pada diri Anda yang paling tidak Anda sukai?
Apa pada diri orang lain yang Anda sukai?
Apa pada diri orang lain yang tidak Anda sukai?


3. ACCEPT YOUR SELF

Setelah Anda menjawab semua pertanyaan di atas dengan cermat dan penuh kesadaran, berhentilah menjawab dan biarkan pikiran bawah sadar Anda mengambil alihnya. Lupakan semua itu, tapi jangan lupa segera lakukan yang berikut ini.

Fokuslah pada perasaan Anda. Fokuslah sebentar pada suhu tubuh Anda dan pada nafas Anda. Tegakkan diri Anda dengan postur seperti gambar di atas (di Power Workshop E.D.A.N., trainee melakukannya di luar kesadaran mereka - simak gesture ini). Setelah dua atau tiga menit, lakukan yang berikut ini.

Katakan pada diri Anda,

"Apapun yang terjadi setelah hal ini, saya tetaplah saya."
"Saya bertahan dan tumbuh."
"Saya tetap menjadi manusia sebagaimana saya menginginkannya."


Kemudian katakan ini sebagai penutup,

"Hai yang di dalam, olahlah semua itu, dan berikan yang terbaik darimu untukku. Naikkan dan pertahankan rasa percaya diriku. Aku mempercayaimu."

Lalu kembalilah kepada apapun yang sedang ada di hadapan Anda SAAT INI.

Semoga bermanfaat.

Ikhwan Sopa
Master Trainer E.D.A.N.
Artikel lain:
http://milis-bicara.blogspot.com
http://www.facebook.com/pages/Motivasi-Komunikasi-Leadership/196571006305